Kamis, Juni 14, 2012

Suhu kelamin laki-laki


Pengaruh Suhu Skrotum pada Alat Kelamin Laki-laki terhadap Kualitas Sperma
(Bab Reproduksi Manusia)

Testis merupakan kelenjar kelamin yang berfungsi sebagai penghasil sperma dan hormon seks laki-laki, dikenal sebagai testosteron. Testis terletak di dalam suatu kantong yang disebut skrotum, atau disebut juga buah zakar. Buah zakar (skrotum) yang melindungi testis diciptakan di luar tubuh, menggantung di luar rongga perut. Ini bertujuan agar suhu di dalam skrotum lebih rendah daripada suhu tubuh normal. Selisih suhu tubuh normal dengan suhu di dalam skrotum yakni antara 2-3 derajat Celcius. Suhu yang lebih rendah dari suhu tubuh normal ini amat penting agar sperma yang dihasilkan cukup sehat.

Sehingga salah satu cara meningkatkan kesuburan pria adalah menjaga suhu di daerah testis tetap sejuk, yakni antara 34-35 derajat Celsius (°C) sehingga sperma yang dihasilkan berkualitas baik atau sehat.

Oleh karena itu, agar kualitas dan kuantitas sperma bagus, sebaiknya mengurangi kebiasaan berendam di air panas, atau berada di sauna. Dalam hal berpakaian, sebaiknya menggunakan celana dan celana dalam yang longgar agar aliran udara lebih lancar. Suhu panas juga menyebabkan gerakan sperma melemah. Ketika duduk di kendaraan bermotor, usahakan jangan terlalu lama karena bisa menimbulkan varicocele, semacam varises pada pembuluh darah balik di sekitar testis yang menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan suhu testis menjadi lebih tinggi dari suhu ideal.



sumber baca sana sini:
  • http://id.wikipedia.org/wiki/
  • http://ariefbio.blogspot.com/
  • http://www.ayahbunda.co.id/
  • http://mahmudarifien.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)