Selasa, Maret 13, 2012

Sakit Pilek Tidak Harus Minum Obat

Ingus adalah lendir lengket berwarna bening yang berada di rongga hidung. Fungsi ingus di dalam hidung tidak dapat diremehkan. Selain berfungsi untuk membantu hidung mengenali berbagai jenis bau-bauan, ingus juga berfungsi untuk mengeluarkan benda yang tidak dinginkan oleh tubuh.

Saat kita sakit pilek, kita tidak harus minum obat flu untuk membantu mengatasinya. Sebab kalau ingus yang keluar masih berwarna bening berarti masalah kondisi tubuh sedang drop saja, solusinya banyak makan yang bergizi, minum air putih minimal 10 gelas tiap hari, dan istirahat (lebih baik tidur 8-10 jam tiap hari). Tapi jika tubuh sedang memerangi virus, ingus akan berwarna hijau atau kuning karena membawa sel-sel darah putih yang mati setelah bertempur melawan virus, termasuk virus yang sudah dibunuh dibawa keluar. Kalau ingus berwarna kuning mengental maka saat itu sakit pilek kita bisa dibantu dengan minum obat flu.

Ketika sakit pilek, tubuh sedang mencoba membersihkan diri dari virus, dalam hal ini sel-sel goblet juga berperan penting. Sel-sel goblet merupakan kelenjar yang berfungsi untuk mensekresi musin (sejenis protein), yang larut dalam air untuk membentuk lendir atau ingus. Sel-sel goblet akan menghasilkan ingus lebih banyak ketika sakit pilek. Semakin banyak ingus yang dihasilkan di hidung dan mulut dalam bentuk dahak, maka makin besar usaha yang dilakukan tubuh untuk membersihkan diri dari zat-zat berbahaya.

Seringkali, pengeluaran ingus berdampak pada pemampatan sinus. Sinus sensitif terhadap perubahan tekanan. Sedangkan ingus mengatur tekanan di dalam kepala dan menyesuaikan dengan perubahan tekanan di luar. Saat sakit flu, jaringan di hidung mulai membengkak. Karena sinus yang membengkak menutup saluran udara, tubuh akan merasa perbedaan tekanan dan kita pun merasakan rasa sakit di sinus. Saat merasakan sakit di sinus maka kita harus berhati-hati saat mengeluarkan ingus.


Catatan: Ide menulis artikel flu ini karena ada teman FB yang sedang sakit flu. semoga bermanfaat :)

Penyusun dan penulis: OmCan 


Sumber baca sana sini:
  • http://www.ilmupengetahuan.net/
  • konsultasi pribadi pada ahli kesehatan
  • http://id.wikipedia.org/wiki/
  • http://en.wikipedia.org/wiki/

5 komentar:

  1. Wahhh...artikelnya sangat membantu sekali...berarti sekarang saya tidak perlu minum obat dulu ya. Ingus saya masih encer dan bening. Sebab saya mungkin kurang minum air putih dan tadi baru main futsal. :D

    Terima kasih infonya. Saya hanya perlu istirahat cukup, minum air putih, dan makan yang bergizi

    BalasHapus
  2. kebetulan saya lagi pilek, info mas bro sangat berguna thanks ya..

    BalasHapus
  3. artikel yang informatif. saya suka membacanya..

    BalasHapus
  4. terimakasih..infonya,bisa menambah catatan saya sebagai seorang ibu.. :)

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)