Jumat, Januari 27, 2012

Gejala-gejala ADHD

Attention deficit hyperactivity disorder, atau ADHD adalah suatu kondisi yang mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa yang ditandai oleh masalah dengan perhatian, impulsif, dan overaktif. Richard S. Kingsley, MD menjelaskan bahwa orang-orang dengan ADHD bertindak tanpa berpikir, yang hiperaktif, dan kesulitan fokus. Mereka mungkin memahami apa yang diperintahkan namun memiliki kesulitan mengikuti perintah karena mereka tidak bisa duduk diam, memberi perhatian, atau memperhatikan hal yang detail. Gejala mereka hadir dalam periode yang lama dan terjadi dalam setiap saat. Menurut gejala mereka, ADHD telah dibagi menjadi dua subtipe, yaitu tipe inattentive, dan tipe hiperaktif-impulsif.

Subtipe pertama adalah tipe inattentive. Tipe ini tidak mampu memperhatikan detail, dan mereka cenderung ceroboh di sekolah atau kegiatan lain. Mereka juga memiliki kesulitan dengan perhatian yang berkelanjutan dalam tugas atau kegiatan bermain. Mereka juga memiliki masalah mendengarkan dengan jelas, mereka tidak bisa mengikuti petunjuk, dan mereka memiliki masalah dalam berorganisasi atau bekerjasama. Selanjutnya, mereka cenderung mudah menghilangkan hal-hal seperti mainan, notebook, atau pekerjaan rumah. Mereka juga memiliki masalah untuk menghafal kegiatan sehari-hari mereka. Sebagai tambahan, mereka juga tidak menyukai melakukan tugas-tugas yang membutuhkan kekuatan mental.

Tipe kedua adalah tipe hiperaktif-impulsif. Tipe hiperaktif-impulsif cenderung gelisah dan tidak bisa tenang. Mereka tidak bisa tetap duduk, mereka berlebihan dalam berjalan atau memanjat, dan mereka mengalami kesulitan menunggu giliran dalam antrian, maupun dalam berbaris. Mereka juga sulit untuk bermain dengan tenang, mereka berlebihan dalam berbicara, dan mereka sepertinya selalu "bergerak kesana kemari". Sebagai tambahan, mereka juga selalu melontarkan jawaban sebelum mendengar pertanyaan secara seksama.

Sebagai kesimpulan, tipe inattentive - ADHD memiliki gejala yang berbeda dengan tipe hiperaktif-impulsif -ADHD. Tapi, mereka yang terkena ADHD memiliki kesamaan. Kesamaan yang mereka adalah bertindak tanpa berpikir, dan mereka sulit untuk fokus. Mereka mungkin memahami apa yang diperintahkan, tetapi mereka sulit untuk mengikuti perintah. Mereka tidak bisa duduk tenang, mereka tidak bisa memberikan perhatian, atau mereka tidak dapat melakukan tugas dengan hati-hati.


diketik, diterjemahkan, dan disusun oleh: Om Candra

Sumber baca sana sini:
http://www.adhdtreatment.org/
http://www.4-adhd.com/
http://kidshealth.org/

1 komentar:

  1. hehehe...penjelasan seng sederhana gak onok tah mas?? aku gak mudeng...

    opo aku salah siji kelompok sing nang nduwur yo??

    hehehe

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)