Jumat, Maret 04, 2011

Wujud benda TAK HANYA cair, padat, dan gas

Wujud benda TAK HANYA cair, padat, dan gas

Saya mulai dengan sebuah pertanyaan, jika batu adalah contoh wujud benda padat, kecap adalah contoh wujud benda cair, dan uap air adalah contoh wujud benda gas, maka api dan kilat termasuk contoh wujud benda apa?

Berawal dari saya membaca sebuah artikel yang berjudul “Plasmas - the Fourth State of Matter” di FusEdWeb – Fusion Energy Education, saya kemudian membandingkan dengan pengetahuan yang ada di buku-buku IPA sekarang. Ternyata rata-rata buku tersebut masih menjelaskan bahwa wujud benda hanyalah padat, cair, dan gas. Padahal para ilmuwan sekarang ini sudah menjelaskan ada wujud benda yang keempat, yaitu wujud benda PLASMA. Wujud benda ini pertama kali diidentifikasi oleh Sir William Crookes pada 1879, dan disebut "plasma" oleh Irving Langmuir pada 1928.

Apa yang membedakan PLASMA dengan ketiga wujud benda yang lain biasanya kita kenal? Bagaimana caranya kita memahami dengan mudah apa itu plasma?


Coba perhatikan penjelasan dengan gambar berikut ini:

Es adalah contoh dari wujud benda padat.

Es yang dipanaskan akan berubah wujud menjadi wujud benda cair. Proses ini disebut dengan pencairan.

Air yang dipanaskan akan berubah wujud menjadi wujud benda gas, yakni uap air. Proses ini disebut dengan penguapan. Contohnya awan (gumpalan uap air)

Nah jika uap air tersebut dipanaskan secara terus menerus, maka wujud benda gas tersebut akan menjadi kumpulan ion-ion dan elektron yang tidak lagi terikat satu sama lain. Proses ini disebut dengan ionisasi.


Wujud benda plasma banyak tersedia di alam, tetapi ada pula plasma buatan. Berikut contoh-contoh dari plasma alam dan plasma buatan.

A. Plasma alam
1. Api
2. kilat atau petir
3. Badai matahari (solar storm) dan Sabuk Van Allen (yang melingkari bumi)
4. Aurora di Alaska


B. Plasma buatan
1. Ion-ion gas pada lampu pendar
2. Ion-ion gas pada lampu merkuri
3. Ion-ion gas pada TV Plasma.




Disusun dan diketik oleh: omCan


belajar pendidikan, blog pengetahuan, kelas pengetahuan, knowledge blog, sekolah dasar dan menengah, KIDS GEt kNowledge, blogger, blogspot

2 komentar:

  1. coba gan dicek di buku2 fisika tingkat SMA atau perguruan tinggi karena saya sendiri blm sempat hunting buku. trims komentarnya :)

    BalasHapus

Beri komentar atau masukan ya :)