Minggu, Februari 06, 2011

Cara Aman Mengamankan Password Facebook

Cara Aman Mengamankan Password Facebook

Berawal dari curhatan salahsatu murid saya di jejaring sosial FB atau facebook, akhirnya saya ingin berbagi tentang cara agar akun Anda aman dari pembajakan:
  1. gantilah kombinasi password Anda dengan password minimal delapan digit, tapi harus memiliki kombinasi huruf, angka, dan simbol..ini akan membuat password Anda sulit dibajak. misal sebagai contoh: wes74$^! .........atau yang lebih panjang dari itu misal: 1435!#@$hjklom.
  2. kombinasi password disarankan diganti setiap tiga atau 6 bulan sekali, jika perlu.
  3. Jangan pernah lupa untuk log out atau keluar setelah ber-facebook-an. Jika listrik keburu mati saat di warnet dan gak sempat log out, sedangkan lama listrik mati tidak bisa ditentukan maka minta tolonglah kepada petugas warnet untuk me-log-out-kan akun Anda saat listrik sudah menyala. setidaknya kita tahu yang harus bertanggungjawab jika facebook Anda kebobol nantinya.
  4. jangan pernah klik tombol "reminder" (ingat) yang ditawarkan firefox atau mesin browser lainnya, dengan tujuan menghindari komputer yang Anda pakai untuk facebookan menyimpan password Anda.
  5. disarankan untuk tidak menunjukkan password kepada siapapun, kecuali orang terdekat Anda.
  6. jangan mudah mengklik pesan atau undangan atau artikel apa pun yang dikirim oleh seseorang yang tidak Anda kenal. Buka dulu profil orangnya, baca dengan baik-baik, atau jika perlu kirimi dia pertanyaan yang hanya bisa diketahui oleh yang asli. Jika orang tersebut memang Anda kenal dengan baik, maka Anda bisa mempercayainya. Tapi jika identitasnya palsu atau judul pesannya mencurigakan, maka langsung dihapus saja.


Artikel mengenai ber-facebook-an yang aman lainnya bisa Anda baca dengan klik tautan warna biru tipis ini http://kidsgen.blogspot.com/2010/11/link-undangan-pesan-facebook-berbahaya.html

Jika Anda punya saran lainnya, bisa tambahkan di kotak komentar..Thx^^

ditulis oleh: Omcan
sumber: berita, dan dari komunitas cyber



belajar pendidikan, blog pengetahuan, kelas pengetahuan, knowledge blog, sekolah dasar dan menengah, KIDS GEt kNowledge, blogger, blogspot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)