Senin, Oktober 04, 2010

Cara pembagian porogapit (download)

Cara pembagian porogapit (free download)

Tulisan dan file yang bisa didownload di postingan atau artikel kali ini lebih ditujukan khususnya kepada siswa-siswiku yang masih duduk di kelas 3 SD, dan umumnya untuk mereka yang belum bisa menggunakan pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit dalam mengerjakan soal matematika.

Pembagian dengan cara bersusun pendek, lebih dikenal dalam dunia matematika dengan sebutan porogapit. Pembagian dengan cara susun pendek atau porogapit sangat mempermudah siswa dalam pembagian, misal bilangan 3 angka dengan bilangan 1 atau 2 angka. Tapi pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit ini sangat membutuhkan hafalan perkalian yang telah dimiliki sebelumnya. Ketelitian juga sangat dibutuhkan ketika menggunakan pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit ini. Banyak juga siswa yang masih bingung dengan pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit ini bukan karena tidak hafal perkalian, hanya saja mereka belum paham langkah-langkah yang benar dalam menggunakan pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit ini. Terbukti dari 5 kelas 3 SD yang saya ajar dengan rata-rata 38-39 anak, hanya 5-6 anak yang langsung bisa menggunakan pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit. Tetapi ketika dibimbing guru tentang langkah-langkahnya sebagian besar anak tidak mengalami kesulitan. Tetapi ketika diberi soal pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit, mereka bingung kembali. Penjelasan yang selama ini masih menggunakan papan tulis sebagai medianya, mungkin bisa jadi adalah salah satu masalahnya, karena siswa tidak bisa kembali melihat langkah yang sebelumnya. Siswa juga tidak bisa berlatih sendiri di rumah karena lupa langkah-langkah pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit, kecuali dibantu orangtua atau yang sudah bisa.

Harapan saya dengan pembuatan file berupa powerpoint show yang berisi tentang pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit ini bisa membantu dan mempermudah dalam memahami pengerjaan soal matematika dengan menggunakan pembagian dengan cara bersusun pendek atau porogapit.

Nama file: Cara pembagian porogapit (by candra)
Dipersembahkan oleh: Candra Prasetyo (Guru SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo)
Bentuk file: powerpoint show 1997 – 2003
Microsoft office: office 1997, office 2003
OS: Windows
Diupload menggunakan: 4Shared
Dibuat pada tanggal: 4 Oktober 2010
Silahkan download filenya di sini, klik:
http://www.4shared.com/document/ukvr07z3/Cara_pembagian_porogapit__by_c.html

cara download:
1. setelah klik tautan/link di atas, akan keluar muncul seperti ini:
2. klik tombol "unduh sekarang", kemudian akan muncul seperti ini:

3. setelah itu muncul seperti ini:

4. klik "unduh file sekarang" seperti yang saya tunjuk dengan panah di atas. Lalu akan muncul seperti ini:

5. pilih "Save File" seperti gambar di atas, lalu klik oke. Selesai.






belajar pendidikan, blog pengetahuan, kelas pengetahuan, knowledge blog, sekolah dasar dan menengah, KIDS GEt kNowledge, blogger, blogspot





Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)