Selasa, September 14, 2010

Buang Ingus Jangan Terlalu Keras

Buang Ingus Jangan Terlalu Keras

Bersin-bersin dan hidung meler atau tersumbat merupakan tanda-tanda terkena influenza. Penyakit influenza memang sangat menggangu aktivitas kita. Terkadang saking jengkelnya, penderita influenza yang hidungnya sedang meler ingin agar ingusnya segera keluar dengan meniupnya dari rongga hidung secara keras. Tindakan ini cukup berbahaya karena
akan melukai rongga sinus dan menyebabkan ikut terinfeksi, dan memungkinkan timbulnya penyakit sinusitis.

Sinus adalah rongga berisi udara yang terletak pada tulang muka kita, atau dengan kata lain di sekitar rongga hidung. Sinus dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan lokasinya yaitu sinus maksilaris (rongga di kedua tulang pipi), sinus etmoidalis (rongga yang terletak antara dua mata), sinus frontalis (rongga di dahi), dan sinus sfenoidalis (rongga di belakang tulang hidung).

Menurut dr Roestiniadi Djoko Soemantri SpTHT-KL, tindakan membuang ingus dengan terlalu keras akan menyebabkan aliran balik ingus ke dalam rongga sinus. Semakin keras mengeluarkan ingus, efek aliran balik ke sinus semakin besar. Ini menyebabkan terjadi peningkatan tekanan di dalam rongga hidung. Kondisi tersebut memicu luka.

Ingus saat flu mengandung bibit penyakit. Bila ingus masuk kembali ke rongga sinus, maka bibit penyakit yang ada di rongga hidung akan terdorong masuk ke rongga sinus dan menyebabkan infeksi pada rongga sinus.

Menurut dr Roestiniadi, lakukan perlahan saja ketika membuang ingus dari hidung. Dan lebih baik lagi jika memperbanyak konsumsi cairan. Tindakan tersebut mempermudah pengeluaran ingus.

Bila sudah sangat parah, segera ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat dekongestan untuk melegakan hidung yang tersumbat sehingga ingus mudah dikeluarkan. Atau menggunakan alat uap panas untuk mencairkan ingus yang ada di rongga hidung.


Ditulis dan disusun oleh: OmCan
Sumber baca sana sini: http://www.anakku.net/, Jawa Pos, http://www.klikdokter.com/, http://id.wikipedia.org/, http://forum.dudung.net/


pendidikan sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan, knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar sd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)