Sabtu, Juli 17, 2010

Fatwa MUI tentang Arah Kiblat Umat Muslim Berpindah dan Cara Mudah Menentukan Kiblat

Fatwa MUI tentang Arah Kiblat Umat Muslim Berpindah dan Cara Mudah Menentukan Kiblat.
Arah kiblat sholat memang sedikit bergeser atau berpindah, tapi jangan bingung, Anda juga bisa menentukan arah kiblat ini dengan benar dan mudah.

Beberapa hari yang lalu saya mengetahui sebuah berita di salah satu televisi swasta yang memberitahukan bahwa arah kiblat sholat umat muslim berpindah. Yang memberikan informasi ini adalah MUI berdasarkan pertimbangan dari para ahli ilmu falaq dan astronomi (bukan astrologi lho ya....he3 ). Perpindahan arah kiblat ini diakibatkan karena adanya pergeseran lempeng bumi beberapa centimeter. Ini mengakibatkan arah kiblat bagi umat Islam di Indonesia bergeser sekitar 140 cm. Sehingga, arah kiblat yang sebelumnya disebutkan menghadap ke barat kini telah direvisi menjadi ke arah barat laut. Tapi Anda tidak perlu bingung, karena ada cara untuk menentukan dengan benar arah kiblat yang akan dijelaskan di bawah ini.


Lempeng bumi memang bergeser setiap tahunnya sekitar 2-10 cm per tahun (tampak dalam gambar). Pergeseran inilah yang mengakibatkan arah kiblat yang selama ini kita pakai bergeser mengarah ke benua Afrika bukan lagi ke ka’bah. Awalnya saya merasa, apakah MUI sedang ingin membuat sensasi? Ternyata tidak, karena mereka juga melakukan pengukuran ini menggunakan satelit, sebuah teknologi yang insyaAllah cukup akurat dalam menentukan arah. Sebenarnya hampir sama prinsipnya dengan Ilmu Falaq yang digunakan oleh para ulama tradisional dalam menentukan arah. Jika dalam ilmu Falaq, acuan yang digunakan adalah bintang dalam menentukan koordinat suatu wilayah. Nah dalam penghitungan arah kali ini, posisi bintang tersebut digantikan dengan satelit-satelit yang selalu bergerak memantau dan merekam segala perubahan yang terjadi khususnya pada lempengan bumi. Kita tentunya tidak asing dengan istilah GPS atau Global Positioning System, nah.. teknologi inilah yang juga digunakan oleh para ulama sekarang dalam menentukan arah kiblat.

Anda juga bisa melihat perubahan arah kiblat ini sesuai dengan tempat tinggal atau rumah Anda masing-masing. Ada dua cara yang bisa menunjukkan pas ke arah ka'bah (kiblat):

Pertama, penyesuaian arah kiblat dapat dilakukan dengan melihat bayang-bayang matahari pada waktu tertentu atau rashdul kiblat. Rashdul kiblat itu setiap 28 Mei pukul 16.18 WIB atau setiap 16 Juli pukul 16.27 WIB. Pada saat itu, semua benda tegak lurus adalah arah kiblat.

Atau yang kedua, ini juga akurat. Saya pernah browsing sana-sini mencari “widget waktu sholat”, ternyata saya menemukan situs ini. Mungkin ini hanyalah salah satu situs yang bisa menjadi salah satu bahan rujukan Anda dalam menentukan arah kiblat. Dalam situs ini, Anda bisa dengan begitu mudah melihat arah kiblat yang benar. Berikut alamatnya, klik di sini untuk mengetahui arah kiblat sholat Anda yang benar.

Semoga bermanfaat.



Ditulis oleh: OmCan
Sumber: hasil baca-baca sejak SMA, Metro TV, http://www.al-habib.info/







pendidikan ipa sd, sekolah dasar ilmu pengetahuan alam, belajar pendidikan lingkungan, kelas ilmu pengetahuan alam, science fact knowledge blog, sekolah dasar kelas, belajar ipa sd




Artikel Terkait :



1 komentar:

Beri komentar atau masukan ya :)