Jumat, Juni 18, 2010

Pengertian Energi

pengertian energi... energi adalah... Setiap saat manusia membutuhkan energi agar dapat tumbuh, berkembang, dan melakukan kegiatannya sehari-hari. Begitu pula tumbuhan dan hewan juga membutuhkan energi. Tanpa energi, tubuh kita akan terasa lemas, sulit untuk melakukan banyak aktivitas.

  • Setiap saat manusia membutuhkan energi agar dapat tumbuh, berkembang, dan melakukan kegiatannya sehari-hari. Begitu pula tumbuhan dan hewan juga membutuhkan energi. Tanpa energi, tubuh kita akan terasa lemas, sulit untuk melakukan banyak aktivitas.
  • Saat kita tidur, tubuh kita juga butuh energi, yang dipergunakan untuk metabolisme sel agar kembali normal, sel-sel yang rusak diperbaiki. Sehingga tanpa energi kita akan sering sakit-sakitan karena tubuh tidak bisa memperbaiki sel-sel yang rusak. Biasanya untuk mencegah hal itu, tubuh kemudian mengambil lemak dari badan kita sehingga tetap mendapatkan energi untuk metabolisme sel. Oleh karena itu, anak yang malas makan, maka lama-kelamaan tubuhnya akan kurus karena lemak dalam tubuhnya terpakai, padahal lemak tubuh sangat bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh, sebagai cadangan energi. Cadangan energi ini sangat bermanfaat saat kita kelelahan.
  • Saat kita berjalan kaki, kita harus memiliki cukup energi, karena jika kita tidak ada energi maka tubuh akan sangat lemas dan hanya bisa berbaring. Setelah kita cukup makan, makanan dirubah tubuh menjadi energi, saat itulah kita bisa merasakan energi yang cukup untuk berjalan kaki. Tapi jika kita makannya sedikit, maka setelah kita berjalan beberapa jam, pastilah energi itu akan habis. Kondisi seperti ini akan menyebabkan manusia akan kesulitan berfikir dan bekerja.
    Siswa mudah merasa pusing atau mengantuk, tidak bisa menangkap pelajaran atau perintah dengan baik. Dan terkadang akhirnya menyebabkan jatuh sakit.
  • Saat kita sakit, biasanya kita merasa malas untuk makan, karena setiap makanan yang masuk terasa pahit, dan kadang kita berfikir cukuplah dengan minum obat maka kita akan sembuh.
    Ternyata, agar kita bisa cepat sembuh, kunci utamanya bukanlah saat kita minum obat, tetapi pada jumlah energi yang diterima oleh tubuh melalui makanan. Meskipun obat juga penting, tanpa makanan yang cukup maka penyembuhan akan berlangsung cukup lama. Ini terbukti pada mereka yang terkena demam berdarah, anak yang memaksakan diri untuk tetap makan makanan yang bergizi dalam jumlah cukup, walaupun terasa tidak enak, maka akan keluar dari rumah sakit dan dinyatakan sudah pulih hanya butuh waktu 3 hari. Sedangkan bagi yang malas makan, rewel, dengan alasan makanannya rasanya pahit, biasanya paling cepat keluar dari rumah sakit dalam waktu 1 minggu, bahkan bisa lebih dari 1 minggu. Ini bisa terjadi karena tubuh butuh energi untuk memperbaiki dan mengganti sel-sel yang rusak karena penyakit tersebut.
  • Dari sini dapat kita simpulkan bahwa seluruh usaha kita,
    baik bersepeda , berjalan kaki, berpikir atau belajar, maupun usaha untuk sembuh dari sakit, semuanya membutuhkan energi. Tanpa energi kita lama sembuh, bahkan tidak bisa sembuh-sembuh, susah belajar, lemas untuk berjalan kaki apalagi olahraga lari, tidak kuat buat bersepeda, dan lain sebagainya. Tanpa energi kita tidak akan dapat melakukan semua usaha atau kegiatan tersebut.
  • Sehingga dari sini kita bisa tahu apa itu arti energi, Apa yaa?? Jadi pengertian dari ENERGI adalah KEMAMPUAN untuk MELAKUKAN USAHA.

"Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha"
ditulis oleh: omCan





Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)