Sabtu, Juni 26, 2010

Informasi Menarik tentang Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi terdiri dari, apa kandungan atmosfer bumi? atmosfer bumi atau udara di bumi menunjang kehidupan, mengapa? Oksigen memang penting bagi kehidupan. Tetapi jika jumlah prosentase oksigen di udara (bumi) melebihi angka 21% maka malah tidak akan ada kehidupan. Mengapa?

Atmosfer bumi (yang disebut juga udara) terdiri dari campuran gas antara lain 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% uap air, karbon dioksida, dan gas-gas lain.

Gas yang paling banyak berpengaruh pada kehidupan di bumi adalah gas Oksigen. Gas ini sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk "memasak" makanannya (yang terjadi di daun). Gas Oksigen juga dibutuhkan tumbuhan saat melakukan respirasi (pernafasan) yang selalu terjadi di malam hari. Bagi hewan dan manusia, gas oksigen berguna untuk pernafasan. Oksigen yang telah masuk ke tubuh akan sangat berpengaruh pada metabolisme sel, contohnya saja ketika darah yang mengikat oksigen tidak bisa sampai ke otak karena pembuluh darah otaknya pecah (seperti terkena penyakit stroke), maka sel-sel otak akan cepat membusuk karena tidak ada oksigen yang merupakan salah satu energi bagi mereka untuk melakukan perbaikan sel.

Oksigen memang penting bagi kehidupan. Tetapi jika jumlah prosentase oksigen di udara (bumi) melebihi angka 21% maka malah tidak akan ada kehidupan.
Karena oksigen sangat mudah bereaksi dengan unsur lain. Dia bersifat sangat mudah terbakar. Kebakaran hutan dengan sendirinya akan bertambah 70% jika bertambah 1% saja oksigen di udara.
Mengapa kadar oksigen di udara selalu tetap? Ini dikarenakan sistem keseimbangan dari proses pelepasan dan pemakaian oksigen oleh makhluk hidup di bumi. Manusia dan hewan terus-menerus menghirup (memakai)  oksigen dan menghasilkan (melepaskan) karbondioksida, sedangkan tumbuhan menghirup karbondioksida yang mereka perlukan untuk hidup, dan melepaskan oksigen. Jika tumbuhan tidak ada/berkurang, dan jumlah manusia dan hewan semakin bertambah, maka tidak mungkin bumi ini bisa ditempati lebih lama lagi, karena setiap makhluk hidup butuh bernafas, sedangkan jumlah oksigen terbatas karena jumlah tumbuhan yang sudah tidak memadai untuk menghasilkan oksigen dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu penting sekali adanya penghijauan maupun reboisasi (penanaman hutan kembali).

Informasi menarik dan penting dari atmosfer bumi (udara) adalah kerapatannya yang tepat. Jika bertambah 1% di bumi, maka banyak bencana kebakanan akan sering terjadi. Jika berkurang 1% maka kerapatan udara akan naik, dan membuat kita susah bernafas.


"yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan-Nya, dan dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukuran dengan serapi-rapinya". (Q.S. Al Furqaan 25:2)


ditulis oleh: omcan


























Artikel Terkait :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Beri komentar atau masukan ya :)